Selasa, 15 Juli 2014

KONSEP ILMU EKONOMI



ILMU EKONOMI
1.      Pengertian
Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan sumber-sumber yang terbatas, dengan cara Ilmu atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan manusia yang (relatif) tidak terbatas.  Barang dan jasa yang dihasilkan kemudian didistribusikan untuk kebutuhan konsumsi sekarang dan di masa yang akan datang kepada berbagai individu dan kelompok masyarakat.
2.      Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi memiliki ruang lingkup mikro dan makro sehingga mudah untuk dipelajari. Keduanya memberikan batasan dan asumsi yang jelas.
a.       Ekonomi Mikro
merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari bagian-bagian kecil (aspek individual) dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan produsen secara individua dalam pasar. Sikap dan perilaku konsumen tercermin dalam menggunakan pendapatan yang diperolehnya, sedangkan sikap dan perilaku produsen tercermin dalam menawarkan barangnya. Jadi inti dalam ekonomi mikro adalah masalah penentuan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori harga (price theory).
Tujuan dan sasaran analisis ekonomi mikro lebih dititikberatkan kepada bagaimana membuat pilihan untuk;
1.      mewujudkan efisiensi dalam penggunaan sumber-sumber.
2.      mencapai kepuasan yang maksimum.
inti pembahasan ekonomi mikro adalah masalah penentuan harga, sehingga ekonomi mikro sering dinamakan dengan teori harga (price theory).
b.      Ekonomi Makro
Ekonomi Makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan (agregate) berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan.
Apabila yang dibicarakan masalah produsen, maka yang dianalisis produsen secara keseluruhan, demikian halnya jika konsumen maka yang diananlisis adalah seluruh konsumen dalam mengalokasikan pendapatannya untuk membeli barang/jasa yang dihasilkan oleh perekonomian. Demikian juga dengan variabel permintaan, penawaran, perusahaan, harga dan sebaginya. Intinya ekonomi makro menganalisis penentuan
tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan, sehingga ekonomi makro sering dinamakan sebagai teori pendapatan (income theory). 

Tujuan dan sasaran analisis ekonomi makro antara lain membahas masalah:
1.       Sisi permintaan agregate dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi,
2.       Pentingnya kebijakan dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan prestasi kegiatan ekonomi yang diinginkan.
Peralatan Analisis Ilmu ekonomi memerlukan alat analisis untuk menerangkan teori-teorinya  untukmenguji  kebenaran teori-teori tersebut. Grafik dan kurva adalah alat analisis yang utama, pada tingkat yang lebih mendalam matematika memegang peranan yang sangat penting. Selain itu, statistika juga diperlukan untuk mengumpulkan fakta dan menguji
kebenaran teori ekonomi.
3.      Corak Analisis Ilmu Ekonomi
a.       Ekonomi Deskriptif (descriptive economics)
Menggambarkan keadaan yang sebenarnya wujud dalam perekonomian. Tugas utamanya
mengumpulkan keterangan-keterangan faktual yang relevan dengan masalah ekonomi. Diskripsi masalah ekonomi menjadi rumit, berkaitan dengan
fakta bahwa aspek manusia dipengaruhi oleh banyak faktor dalam prilakunya. Hal ini terjadi oleh karena dalam masyarakat, perubahan-perubahan yang terjadi bersifat kompleks, dan tentunya tidak hanya dipengaurhi oleh variabel-variabel ekonomi saja.
b.Teori Ekonomi (economics theory)
Memberikan pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat hubungan yang wujud dalam kegiatan ekonomi, dan ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami perubahan. Tugas teori ekonomi adalah memberikan abstraksi dari kenyataan yang terjadi dalam perekonomian. Kenyataan
ekonomi bersifat kompleks, untuk itu perlu penyederhanaan dan abstrasksi yang dituangkan dalam teori.
c.       Corak analisis ilmu ekonomi Ekonomi Terapan (applied economics) disebut juga ekonomi kebijakan
Dengan mengambil konsep dalam teori ekonomi dicoba untuk menerapkannya dalam kebijakan ekonomi dengan tetap memperhatikan pada data dan fakta yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptive. Tujuan-tujuan kebijakan ekonomi antara lain;
1.       Mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat,
2.       Menciptakan kestabilan harga,
3.      Mengatasi masalah pengangguran, dan
4.      Mewujudkan distribusi pendapatan yang merata.
  1. Tindakan ekonomi, motif ekonomi dan prinsip ekonomi
Tindakan ekonomi adalah setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan.
Motif ekonomi adalah alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan tindakan ekonomi. Motif ekonomi terbagi dalam dua aspek:
  1. Motif Intrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk melakukan tidakan ekonomi atas kemauan sendiri.
  2. Motif ekstrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk melakukan tidakan ekonomi atas dorongan orang lain.
Pada prakteknya terdapat beberapa macam motif ekonomi:
  1. Motif memenuhi kebutuhan
  2. Motif memperoleh keuntungan
  3. Motif memperoleh penghargaan
  4. Motif memperoleh kekuasaan
  5. Motif sosial / menolong sesama
Prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang didalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yang maksimal. Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin.
  1. Hubungan antara ilmu ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi
Setiap orang menginginkan dapat tercukupi kebutuhan hidupnya sehingga dapat merasa puas, tenang, tenteram, hingga tercapai kemakmuran. Namun, manusia dihadapkan pada masalah keterbatasan alat pemuas kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga harus mencari jalan untuk mengatasinya. Ilmu ekonomi membantu memecahkan masalah tersebut hingga manusia dapat memenuhi kebutuhannya dan mencapai kemakmuran.

8 cabang ilmu ekonomi


1.    Ilmu ekonomi moneter
Adalah cabang  ilmu ekonomi yang membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya. Berbagai hal yang terkait dengan hal tsb adalah inflasi, tingkat suku bunga dan jumlah uang beredar.
2.    Ilmu ekonomi publik
Adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian. Hal2 yang dibahas dalam imu ekonomi ini a.l. APBN, APBD, utang pemerintah, pajak dan retribusi.
3.    Ilmu ekonomi industri
Adalah cabang ilmu ekonomi yang memfokuskan pembahasan pada interaksi berbagai perusahaan dalam suatu industri (lingkup ekonomi mikro). Interaksi tersebut dapat berupa persaingan usaha, kinerja perusahaan, kartel.
4.    Ilmu ekonomi internasional
Adalah cabang dari ilmu ekonomi yang membahas tentang kegiatanperekonomian antar bangsa/negara. Kegiatan perekonmian tersebut dalat berupa transaksi perdagangan, aliran investasi antar negara,dan neraca pembayaran.
5.    Ilmu ekonomi regional
Adalah cabang ilmu ekonomi yang antara lain membahas tentang membahas tentang interaksi ekonomi antar wilayah dan proses perkembangan suatu wilayah.
6.    Ilmu ekonomi sumber daya alam (SDA)
Adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal menurut ekonomi. Pokok bahasan dalam ilmu ekonomi ini diantaranya eksternalitas positif dan negatif.
7.    Ilmu ekonomi sumber daya manusia (SDM)
Adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas faktor produksi tenaga kerja. Pembahasan dalam cabang ini antara lain adalah masalah pengangguran, upahminimum, dan tingkat pendidikan calon tenaga kerja.
8.    Ilmu ekonomi syariah
Ilmu ekonomi syariah bertujuan untuk menerapkan ekonomi islam. Pokok pembahasan dalam ilmu ekonomi ini prinsip bagi hasil, penghapusan riba dalam perekonomian dan zakat.


Pernyataan positif
menggambarkan fakta2 dari kegiatan ekonomi yg terjadi di masyarakat. Contohnya produsen dan pengusaha yg memanfaatkan sumber daya ekonomi scr efisien akan menghasilkan barang yang murah shg laba yg maksimal.

Pernyataan normatif
Ekonomi normatif terutama berkaitan dengan kriteria kebijakan yg optimal.
Ilmu ekonomi normatif menggunakan studi empiris dan predisksi ekonomi positif, serta menggabungkan keduanya  dengan pertimbangan nilai yang mencerminkan gagasan ideal tentang masy dalam rangka untuk memperoleh rekomendasi kebijakan.  Contohnya apakah lembaga  administrasi pemerintah lebih baik drpd pasar dlm menanmpung pola perubahan permintaan air? Berapa besar polusi yg dpt diperkenankan? Haruskah proyek penyediaan air  dilakukan?

  Dalam pernyataan normatif pertentangan antara hal yang baik dan yang buruk menjadi perhatian. 
Pernyataan eknomi normatif banyak digunakan oleh penasehat ekonomi. 
Contoh penyataan positif dikatakan bahwa sebaiknya pajak dikenakan kepada setiap orang yang 
mempunyai penghasilan. Pernyataan normatif megatakan agar pemungutan pajak harus menyejahterakan 
setiap orang.

Metodologi ilmiah IE dalam menganalisis masalah per-ek dimulai dari :
  Observasi obyek permasalahan
  Menentukan hubungan permasalahan  dg teori ek yg terkait
  Mengidentifikasi permasalahan melalui pertanyaan
  Menentukan variabel yg dikaji
  Menentukan asumsi-asumsi  dan model yg digunakan untuk mendapatkan solusi atau kesimpulan
  
Manfaat mempelajari ilmu ekonomi
  1. Membantu manusia dan perusahaan dalam membentuk prioritas kebutuhan yang ingin dipenuhi
  2. Dpt membantu mempelajari perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan
  3. Dapat membantu memilih alat pemuas kebutuhan yang efektif dan efisien




9 komentar:

  1. Thx gan, sangat bermanfaat untuk bahan skripsi salam kenal :) www.wardanashop.com

    BalasHapus
  2. Terima kasih materinya... ada versi powerpointnya tidak?😊

    BalasHapus
  3. Terima kasih materinya... ada versi powerpointnya tidak?😊

    BalasHapus
  4. terima kasih, artikelnya sangat membantu untuk tugas sekolah

    BalasHapus
  5. FBS IndonesiaBroker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : D04A8185

    BalasHapus
  6. Ada 3 tahap perubahan sistem ekonomi yaitu Close Economy, Open Economy & Smart Economy.

    Untuk lebih jelasnya : http://smartizen-system.blogspot.co.id/2017/03/smart-economy.html?m=1

    BalasHapus