Sabtu, 05 Maret 2011

Marketing Mix, STP

MANAJEMEN PEMASARAN

I. SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING
So Klin Ultra
So Klin Ultra is a concentrated powder detergent that has extraordinary cleaning power.
"Containing Color Guard to protect colors from fading",
so that your clothes become cleaner, brighter and look brand new.


A. SEGMENTASI
Perusahaan yang memutuskan untuk beroperasi dalam pasar yang luas menyadari bahwa perusahaan tersebut tidak dapat melayani seluruh pelanggan dalam pasar tersebut.
PT Sayap Nas Utama memproduksi So Klin Ultra. So Klin Ultra adalah deterjen bubuk terkonsentrasi yang memiliki daya pembersih yang luar biasa.
"Mengandung Color Guard untuk melindungi warna dari memudar",
sehingga pakaian anda menjadi bersih, cerah dan tampak baru.
Detil Deskripsi Produk
1) Cocok untuk tangan dan mesin
2) formula baru, busa tinggi dan berkualitas tinggi.
3) fosfat Tidak, melindungi kulit dan kain
SO Klin berkonsentrasi bubuk deterjen
1. Berkualitas baik, tinggi berbusa
2. Dengan parfum SO Klin, wangi
3. Bisa mencuci baik oleh tangan dan mesin cuci
4. Waktu Validity: 3 tahun.

Bagi konsumen yang ingin memelihara warna pakaiannya So Klin Ultra merupakan pilihan yang paling tepat. Dengan harga yang relatif lebih murah bila menggunakan produk lain, warna pakaian akan tetap baru dan harum.


Variabel segmentasi pasar So Klin Ultra
Geografi Wilayah Asia
Ukuran kota Kota besar maupun kecil
Pendapatan Rendah sampai atas
Demografi Usia Diatas 14 tahun
Jenis kelamin Pria dan wanita
Penghasilan Diatas Rp 500.000,00
Psikografi Kelas sosial Bawah sampai atas
Gaya hidup modis
Perilaku Peristiwa Peristiwa khusus
Manfaat Kualitas bagus, warna tetap cerah, bersih dan bersinar
Tingkat pemakaian Sedang
Status kesetiaan Loyal terhadap So Klin
Siakp terhadap produk Antosias untuk mengggunakannya





B. TARGETING

So Klin Ultra memiliki pasar sasaran bagi konsumen yang menginginkan keunggulan produk sebagai berikut:
1. Bubuk pembersih yang kuat dan membuat brigher kain berwarna banyak.
2. Tinggi berbusa.
3. Tinggi biodegradable, rendah beracun, tidak berbahaya bagi kulit dan kain
4. Kita bisa melakukan ukuran khusus sesuai dengan kebutuhan pelanggan
Ukuran So Klin Ultra bervariasi. Sehingga memudahkan bagi konsumen untuk memilih ukuran yang dikehendaki sesuai dengan daya belinya. So Klin Ultra
tersedia ukuran 15g , 35g , 500g dan 1000 g.
Dengan keunggulan yang dimiliki oleh So Klin Ultra ukuran maka pasar sasaran yang meliputi pertumbuhan segmen, daya tarik struktur segmen, serta tujuan dan sumberdaya perusahaan akan tercapai.


C. POSITIONING

So Klin Ultra memiliki sesuatu yang berbeda, dan kelebihan bila dibandingkan dengan produk lain, yaitu deterjen yang memelihara warna pakaian tetap cerah, bersih dan bersinar.











II. Analisis Taktik dan strategi yang digunakan dalam bauran pemasaran

Produk yang sukses di pasar dan menjadi market leader adalah merek yang inovatif dari sisi produk, proses produksi dan marketing. Inovasi pada produk yang terus menerus sangat penting supaya produk tetap bertahan posisinya dalam persaingan yang ketat. Sedangkan inovasi pada proses produksi ditujukan untuk terus memperbaiki kualitas produk dan efisiensi biaya produksi. Agar So Klin Ultra dapat menjadi market leader perlu dilakukan bauran pemasaran yang terdiri dari price, product, place dan promotion.
a. Product
Product (produk) adalah So Klin Ultra ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari :
1) Product quality, So Klin Ultra memiliki kualitas yang bagus untuk memelihara warna pakaian agar kelihatan cerah.
2) Design, So Klin Ultra memliki design yang menarik bagi konsumen
3) Feature, So Klin Ultra memiliki ciri2 yang berbeda dengan produk lain.
4) Brand name, So Klin Ultra memiliki nama merk “Ultra So Klin”.
5) Packaging, kKemasan So Klin Ultra menarik dan elegant
6) Sizes, So Klin Ultra tersedia dalam beberapa ukuran 15 g, 35 g, 500 g, dan 1000g.
b. Price
Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli So Klin Ultra atau mengganti hal milik produk. Harga tersebut relative murah karena manfaat yang dperoleh dari penggunaan So Klin Ultra lebih maksimal.
c. Place
Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat So Klin Ultra yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Penyaluran So Klin Ultra kepada pelanggan meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport
d. Promotion
Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan So Klin Ultra pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain :
1) Sales promotion, dengan cara memberikan bonus pada produk yang lain dalam perusahaan yang sama. Misalnya membeli So Klin pewangi dengan hadiah So Klin Ultra.
2) advertising, Iklan melalui televise atau majalah2 dan Koran.
3) Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan. Dengan mendangi konsumen pada suatu supermarket untuk membeli So Klin Ultra.

Pengertian Bauran Pemasaran [Marketing Mix] :
“Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the market.”(Marketing Management,1997) yang kurang lebih memiliki arti bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
Menurut Kotler (1997:92), Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the target market. yang kurang lebih memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju.
Menurut Stanton (1978) Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.
Ada banyak alat pemasaran, McCarthy mempopulerkan pembagian kiat pemasaran ke dalam 4 (empat) faktor yang disebut the four Ps: product, price, place, and promotion” (cited in Kotler, 1992:92).

Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan sebagai berikut:
1. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter, 1997:604):
a. Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
c. Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
d. Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
e. Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.

Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix]
Bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, dan promotion (4P) seiring perkembangan jaman dan tuntutan pasar yang senantiasa mengalami perkembangan telah mengalami evolusi dan terus berkembang searah dengan perkembangan perilaku konsumen dan kecerdasan para ahli pemasaran. Lovelock dan Wright (2002:13-15) mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi integrated service management dengan menggunakan pendekatan 8Ps, yaitu:

product elements, place, cyberspace, and time, promotion and education, price and other user outlays, process, productivity and quality, people, and physical evidence.

1. Product elements adalah semua komponen dari kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan.
2. Place, cyberspace, and time adalah keputusan manajemen mengenai kapan, dimana, dan bagaimana menyajikan layanan yang baik kepada pelanggan.
3. Promotion and education adalah semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik yang perusahaan berikan.
4. Price and other user outlays adalah pengeluaran uang, waktu, dan usaha yang pelanggan korbankan dalam membeli dan mengkonsumi produk dan layanan yang perusahaan tawarkan atau sajikan.
5. Process adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan
6. Productivity and quality, produktivitas adalah sejauhmana efisiensi masukan-masukan layanan ditransformasikan ke dalam hasil-hasil layanan yang dapat menambah nilai bagi pelanggan, sedangkan kualitas adalah derajat suatu layanan yang dapat memuaskan pelanggan karena dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan.
7. People adalah pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service production).
8. Physical evidence adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata kualitas produk dan layanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar