Sabtu, 06 Agustus 2011

pengenalan akuntansi

AKUNTANSI DAN SISTEM INFPRMASI

Hrs memiliki

Digunakan o/
Pihak internal


Krn kbthan yg berbeda dibuat




Memiliki kesempatan kerier dlm

Terdiri atas

Hrs memiliki dan bekerja sesuai


Pengertian akuntansi
Akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi, yg memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas o/ mrk yg menggunakan informai keuangan tersebut.
Proses akuntansi scr grs besar :
1. Masukan atau input akuntansi sbg sistem unformasi adalah informasi ekonomi dari kegitana (transaksi) organisasi ataupun perusahaan.
2. Masukan tsb diolah melelui proses identifikasi, pengukuran dan pelaporan untuk menghasilkan keluaran yg berupa informasi atau laporan keuangan.
3. Keluaran tsb digunakan sbg penunjang pengambilan keputusan bisnis oleh pemakai informai tersebut.


Kualitas informasi akuntansi hrs memiliki syarat :
1. Perbandingan antara manfaat dan biaya
2. Dapat dimengerti
3. Relevan
4. Dpt dipercaya: dpt diuji, netral dan menyajikan yg seharusnya
5. Nilai prediksi
6. Feedback/ umpan balik
7. Dapat dibandingkan/konsisten
8. Materuality/cukup berarti
Pemakai informasi akuntansi :
1. Pihak internal, a/ pihak yg berhubungan langsung dengan perusahaan sehari hari, yaitu pimpinan perusahaan.
2. Pihak eksternal, a/ pihak yg berkepentingan dg perusahaan ttp tdk terlibat scr langsung dlm membuat berbagai keputusan dan kebijakan operasioanal perusahaan.
Pihak tsb a/ pemilik perusahaan/pemilik saham/investor, karyawan dan serikat pekerja, kreditur, badan2 pemerintah, pelanggan, masyarakat.



Bidang akuntansi
1. Akuntansi keuangan a/ bagian dr akuntansi yg mengkhususkan dlm proses pencatatan transaksi hingga penyajian dlm bentuk laporan keuangan. Akuntansi ini bermanfaat bagi pihak eksternal perusahaan dan hrs mengacu prinsip2 yang dianyatakan dalam standar akuntansi keuangan.
2. Auditing a/ bidang akuntansi yang mengkhususkan pada pemeriksaan catatan akuntansi scr indipenden. Pelaksananya disebut auditor yg memeriksa apakah pencatan akuntansi telah sesuai dengan prinsip2 standar akuntansi keuangan yg berlaku.
3. Akuntansi biaya berhubungan dengan perencanaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi. akuntansi ini biasanya digunakan o/ perusahaan yg memproses bahan baku hingga bahan jadi
4. Akuntansi manajemen a/ bidang akuntansi yg mengkhususkan pada pengembanangan dan penafsiran informas iakuntansi u/ membantu manajemen dlm menjalankan perusahaan.
5. Akuntansi anggaran berhubungan dg penyusunan renana pengeluaran perusahaan dan membandingkannya dg pengeluaran aktual.
6. Akuntansi perpajakan mengkhususkan kegiatannya dlm penyiapan data yg digunakan dlm perhitungan pajak. Tujuannya a/ agar pajak yg dibayarkan perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah.
7. Sistem akuntansi a/ bidang akuntansi yang mengkhususkan dlm perencanaan dan pelaksanaan prosedur pengumpulan serta pelaporan data keuangan.
8. Akuntansi pemerintah mengkhususkan dalam pemnyajian laporan transaksi yg dilakukan oleh pemerintah.
9. Akuntansi pendidikan berhubungan dengan kegiatan pengajaran dan pengembangan pendidikan akuntansi.
Bidang profesi akuntansi
1. Akuntan perusahaan, a/ akuntan yg bekerja dlm perusahaan dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi akuntansi serta keuanagn perusahaan.
2. Akuntan publik, a/ akuntan independen/bebas yg scr per orangan atau keleompok memberikanjasa dlm bidang akuntansi bagi perusahaan atau organisasi bisnis dan non bisnis.
3. Akuntan pemerintah, a/ akuntan yg bekerja pada lembaga2 pemerintah yang tgs utamanya adalah merencanakan, mengndalikan dan memeriksa penggunaan uang atau kekayaan negara.
4. Akuntan pendidik, a/ akuntan yg tgs utamanya adalah mengmbangkan dan mengajarkan akuntansi. Misalnya dosen atau guru yg mengajarka akuntaansi.
Etika profesi akuntansi
1. Menghindari pelanggaran etika yg terlihat remah
2. Memusatka perhatian pada reputasijangka panjang
3. Bersiap menghadapi konsekuensi yang kurang baik bila berpegang pd perilaku etis
Standar akuntansi keuangan (SAK)
Merupakan himpunan prinsip, prosedur, metode dan teknik akuntansi yg mengatur penyususnan laporan keuangan khususnya yg ditujukan pada pihak luar sepertipd pemegang saham, investor, kreditur dan bank. SAK senantiasa mengalami perbaikan dan penyempurnaan, sesuai dengan kondisi mutakir dari kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Sak yg terbaru direvisi o/ ikantan akuntansi indonesia tahun 2004.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar